June 11, 2012

Udang Bumbu Kelapa ala Bali

Aku kapan gitu nyoba masak masakan yang resepnya aku dapat dari mama waktu terakhir pulang ke Bali. Ga ngerti ini otentik masakan Bali atau bukan, yang pasti pake bumbu besar ala Bali makanya kunamain Udang Bumbu Kelapa ala Bali.

Jangan salah mengerti...aku itu bukan ahli soal masak-memasak. Masih newbie jadi kalau masak sesuatu kadang itu untuk pertama kalinya. So jangan punya ekspektasi yang terlalu tinggi soal rasa, akakakak... Yah, itung-tung belajar masak buat Mr. Jagiya (my boy gitu deh ceritanya). Kalau bukan gara-gara dia, ga masuk dapur juga aku. Jadi kalau percobaan pertama ga sukses, latihan nanti akan menyempurnakan (ngeles).

Ini resepnya, silakan dicoba kalau berminat...


Udang Bumbu Kelapa ala Bali


Bahan:
1/4 kg udang (jangan yang terlalu besar)
1/4 butir kelapa yang agak muda (diparut)
300 ml minyak goreng
2 lembar daun salam
1/2 gelas air
garam
penyedap rasa

Bumbu halus (bumbu besar):
5 butir bawang merah
2 butir bawang putih
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 cm kencur
4 ruas lengkuas (parut)
1 sdt merica
1 sdt ketumbar
2 butir kemiri

Cara memasak:
1. Panaskan minyak goreng, udang digoreng sampai matang berwarna kemerahan, angkat.
2. Kurangi sisa minyak bekas udang lalu tumis bumbu yang dihaluskan tadi sampai harum dan matang.
3. Masukkan kelapa parut sambil diaduk-aduk supaya bumbu rata.
4. Tuang air secukupnya sambil terus diaduk. Jangan terlalu banyak, cuma biar nyemek aja.
5. Beri garam dan penyedap rasa sesuai selera sambil tetap diaduk.
6. Setelah bumbu agak meletup, masukkan udang yang sudah digoreng tadi, aduk-aduk supaya bumbu dan udang tercampur rata.
7. Masukkan daun salam dan tunggu sampai bumbu meresap, angkat.


Jadi deh Udang Bumbu Kelapa ala Bali. Maaf tampilannya ga menarik. Bukan Chef Farah Quinn soalnya. Rasanya? Not bad...mirip lah sama yang dibuat mama. Waktu aku masak kemarin agaknya kebanyakan kunyit. Ga terlalu parah sih, cuma ya rasa kunyitnya agak kerasa banget. Berhubung aku ga doyan rasa kunyit jadi agak terganggu. Jadi hati-hati waktu bikin bumbu halus. Ada beberapa bahan yang menurutku punya rasa yang pekat, misalnya kunyit. Bukan masalah efek warna terlalu kuning, kalau kebanyakan rasa kunyitnya bakal dominan sekali. Dan menurutku rasa kunyit itu ga terlalu sedap jadi jangan sampai kebanyakan kunyit. Terus lengkuasnya harus diuleg atau diparut biar lebih meresap. Jangan cuma digeprek. Dan ga masalah banyak lengkuas. Karakter rasa lengkuas beda dengan kunyit. Karakter rasa lengkuas ga pekat jadi aman.