December 7, 2011

Kota Wisata Batu

Selamat Datang di Kota Wisata Batu --> Alun-alun Kota Batu
 
Aku mau cerita soal liburanku beberapa waktu yang lalu. Kapan gitu aku liburan 3D2N ke Batu, Malang. Mumpung ada yang nanggung, jadi gratis. Katanya sih buat hadiah ulang tahun. Sebenernya agak ga enak hati tapi kan ga boleh nolak rejeki jadi aku terima aja hadiahnya, akakakak...

Ada yang udah pernah maen ke Batu? Sumpah, baru nyampe di Batu lima menit aku udah jatuh hati. Biar cuma kota kecil tapi semua serba ada. Kotanya itu tenang, adem, rapi, dan bersih banget. Semua tertata baik. Sempet tanya-tanya sama petugas jaga di alun-alun, katanya pemda Batu memang lagi berusaha membangun kota wisata yang asri. Dan kayaknya mereka berhasil.

Soal liburan, yang harus dipikirin ada lima. Transportasi, akomodasi,  rekreasi, konsumsi, dan paling utama bugdet. Aku coba bahas satu-satu berdasarkan pengalamanku kamerin ya...

BUDGET
Ini yang paling penting. Kita mau liburan yang seperti apa tergantung sama bugdet yang kita punya. Kita bisa liburan dengan gaya apa pun di Batu. Kalau bugdet banyak, ga ada yang perlu dibingungin buat maen ke Batu. Kalau budget terbatas, tenang, mau nyari yang serba murah tapi bagus di Batu sangat bisa. Jadi mau jadi koper atau ransel ga masalah.

inget, sesuaikan sama budget (gambar)

TRANSPORTASI
Naik apa ke Batu? Ada banyak pilihan tapi semua ga ada yang instan. Mau naik kendaraan pribadi bisa tapi mungkin butuh waktu yang lama. Batu itu sekitar 2-3 jam dari Surabaya dan cuma bisa ditempuh lewat darat. Jadi kalau mau naik kendaraan pribadi dikira-kira aja berapa jam perjalanan dari kota kamu ke Surabaya ditambah lama perjalanan ke Batu. Tapi ga harus ke Surabaya dulu sih, tergantung kota keberangkatan. Kecuali kalau naik pesawat atau kereta. Kalau naik pesawat mau ga mau harus landing di Surabaya. Naik kereta juga kebanyakan turun di Surabaya. Setelah itu dari bandara ataua stasiun tetep harus naik mobil. Kemarin sih aku naik kendaraan pribadi. Berangkat dari Solo jam 6 pagi, dengan bantuan GPS tengah hari sampai sana. Lama perjalanan sekitar 7-8 jam. Rutenya itu gampang, kaya rute mau ke Bali cuma di daerah tertentu kita ambil jalan yang beda.

gambar dari sini


AKOMODASI
Di Batu ada banyak hotel. Mulai dari hotel melati sampai berbintang. Mau nyari guesthouse juga banyak. Cari infonya lewat google, sebagian besar punya situs atau blog. Banyak hotel cantik di Batu tapi harganya juga "cantik". Waktu ke Batu aku nginep di dua hotel. Malam pertama di Pohon Inn, ini hotel yang jadi satu sama Jawa Timur Park 2. Dinamain Pohon Inn karena bentuk luarnya kayak pohon. Konsepnya hutan, binatang, back to nature gitu lah. Wallpaper kamar animal print, ornamen-ornamen hotel juga disesuaiin sama tema utamanya. Tarif udah pasti sesuai jenis kamar. Ada tiga jenis kamar superior (twin bed) Rp 400.000, deluxe (double bed)  Rp 500.000, sama executive Rp 900.000. Itu semua tarif weekday, weekend harganya dua kali lipat, liburan lebih mahal lagi. Info lengkap cek di situsnya.

ini aku, di depan Pohon Inn

aslinya ngincer kamar yang wallpapernya zebra tapi dapetnya ini

mupeng kamar yang ini

Malam kedua aku nginep di DeDaunan, yang ini bukan hotel, ini guesthouse konsepnya home & garden cottage. Tapi jangan salah, fasilitas ga kalah sama hotel. Kamarnya juga kayak kamar hotel. Ada banyak tipe kamar di DeDaunan. Ada kamar individual biasa, ada kamar yang pake ruang tamu, ada yang kamar 2 in 1. Bisa pilih sesuai kebutuhan. Suasananya asri banget karena setiap cottage dikelilingi kebun sayur dan banyak tanaman hijau. Tarif kamar lebih murah dari Pohon Inn, range-nya dari Rp 250.000 - Rp 650.000. Kamar yang aku ambil kemarin namanya Sirih, per malem Rp 350.000. Info tipe dan tarif kamar liat aja di situsnya.

Sirih Cottage-ku

pemandangan di sekitar cottage-ku

bagian dalam Sirih


REKREASI
Namanya Kota Wisata Batu, jadi banyak tempat wisata yang bisa didatengin. Mulai dari taman bermain, kebun binatang, air terjun, taman bunga, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir, tempat wisata di Batu tergolong murah, ga kayak di Bali, jadi bisa main apa aja tanpa takut jadi bokek setelah liburan. Dari berbagai tempat main di Batu, aku mampir ke Jawa Timur Park 1 & 2, Batu Night Spectacular, sama Selecta. Sebenernya pengen wisata alam juga tapi sayang waktunya terbatas.

Jawa Timur Park 1 itu tempat wisata pendidikan dan permainan. Kubilang wisata pendidikan soalnya di bagian depan kita bakal nemuin zona biologi, fisika, sejarah, dll. Setelah lewat zona itu ada area bermain. Semacam mini Dufan tapi mainannya ga sebanyak dan segede di Dufan. Digabung sama kolam air dengan segala perosotannya itu. Kalau aku pribadi ga begitu suka di Jawa Timur Park 1, ga suka wisata pendidikan, akakakak....

pohon bentuknya muka orang

ini namanya Spinning Coaster

Jawa Timur Park 2 terdiri dari tiga bagian, Batu Secret Zoo, Pohon Inn, dan Museum Satwa. Jujur nih ya, aku lebih suka Jatim Park 2 berkali-kali lipat dari Jatim Park 1. Batu Secret Zoo memang cuma kebun binatang tapi kebun binatangnya ini bagus. Ada temanya di setiap kandang dan area. Aku jarang main ke kebun binatang soalnya pikiranku soal kebun binatang cuma gitu-gitu doang. Tapi yang ini dijamin bikin ga mau pulang. Mana binatangnya itu banyak dan aneh-aneh. Yang di Savannah diimport langsung dari Afrika. Aku baru sekali ini ketemu Ilama yang biasanya ada di kartun Dora. Baru sekali ini juga ngeliat Hyena, burung hantu di film The Guardian, dll. Terus mampir ke Museum yang asyik banget. Koleksinya banyak. Pokoknya harus lihat sendiri lah. Tiket masuk masing-masing Jatim Park Rp 40.000 tapi kalau pake tiket terusan cuma bayar Rp 60.000 bisa masuk Jatim Park 1&2 plus Museum Satwa.


itu King Julian!! Lemur Ekor Cincin. I like to move it...move it...

kancil suka mencuri mentimu...ini bener kancil kan?

Black Swan, jelmaan Natalie Portman

jenis burung hantu di film The Guardian


Salah satu binatang di Savannah. Apa gitu namanya...lupa!

salah satu kandang harimau yang temanya gempa bumi

pilar-pilar cantik Museum Satwa

Museum Satwa punya banyak diorama seukuran asli

Waaaaa...mau tunjukin banyak foto tapi nanti pasti buanyak banget.

Ada hiburan malam juga di Batu namanya Batu Night Spectacular. Ini taman bermain tapi cuma buka waktu malam hari. Tiket masuknya murah cuma Rp 12.500 tapi setiap permainan harus bayar lagi. Bagian yang paling aku suka dari BNS adalah Lampion Garden-nya. Itu taman isinya lampion dengan berbagai bentuk. Cantik deh.



sama tujuh kurcaci tikus, sayang fotonya gelap

lampion flamingo

miniatur Eiffel, miniaturnya dulu,akakak...

Hari terakhir di Batu aku sempetin main ke Selecta. Ini sih cuma taman gitu tapi isinya bunga-bunga banyak banget. Jadi berasa di mana gitu. Tiket masuknya juga murah kok tapi aku lupa berapa.

welcome to Selecta

bunga-bunga ^^

baju ungu, bunga ungu ^^

dari atas

KONSUMSI
Aku ga begitu punya banyak info tentang makanan khas di Batu. Sempet liat beberapa pangsit mie. Aku ga tau itu apa tapi ada rumah makan pangsit mie yang nyebut itu khas Batu. Sayang aku ga sempet nyoba. Cuma aku sempet mampir ke Warung Bethania. Warung ini aku dapet dari internet, banyak yang rekomendasiin. Kalau main ke Batu harus mampir. Makanannya jos. Terutama gurame goreng sama sambel pencit. Tapi sebagai pecinta pecel lele, aku kasih 4 jempol buat pecel lelenya. Soal harga jangan khawatir ga bikin kantong bolong. Pecel lele dengan lele ukuran gede harganya Rp 18.000, dengan rasa yang kayak gitu, menurutku layak-layak aja.

ini yang namanya Warung Bethania

suasana di Warung Bethania

koleksi papan pesan dari selebriti ibu kota

jiah...Agnes Monica jaman Tralal Trilili!!

Udah ah...nanti ga selesai-selesai ceritanya. Kalau ada waktu, ada kesempatan boleh lah main ke Batu. Ga nyesel deh pokoknya. Dijamin puas!!

5 comments:

Andy said...

wah asik yang bisa liburan ke batu,jadi ngiri nie
tapi tenang kantorku dah kaya tempat hiburan kok,soalnya ada kasur dll :)
kalau batu sama jogja bagusan mana poey ?

Mrdsekar said...

asik banget mbak liburanny :D pengen ;3

Poey said...

@ andy
wah,bagus mana ya?jogja ma batu beda jenis kota.
batu itu kota yg tenang, jgj termasuk kota sibuk.
aku sih lbh suka batu. bersih, adem, ga padat jalannya.
yah, kl ketemunya cm sama kasur itu bkn liburan kali,akakakak...

@ marda
kapan2 kalo ada kesempatan maen aja ke sana... :)

Asop said...

Whuuuih, di Batu sana dingin banget 'kan? :D
Bandung kalah deh. Haha...

Saya aja beberapa hari di sana bener2 ngebuat saya rindu pengen balik ke Batu lagi. Saya rindu udaranya. Saya rindu sate kelincinya. Haha... ^^

Poey said...

@ asop
iyaaaaa...batu bikin kangen.kotanya pas bgt buat liburan.biarpun ada byk tmpat maen tp kotanya tenang...