September 28, 2011

Menyenangkan Diri Sendiri: Menikmati Jogja

Waaaaa...udah lama ga posting. Aku mau cerita ngapain aja selama beberapa hari ini.  Aku sibuk menyenangkan diri sendiri setelah hari-hari suram kemarin (kan, dibahas lagi). Biar udah lama tinggal di Jogja, sekali-kali berlagak kayak turis boleh kan? Dalam rangka itu, selama beberapa hari ini, aku dan beberapa teman maen ke sana-sini. Ini harinya ga urut, yang pasti dalam seminggu ini lah.


Day 1:
Pasar Beringharjo
Aku, Lusi, Creysta, Mba Tia pergi ke daerah Malioboro. Awalnya sih cuma mau nemenin Creysta beli daging di pasar. Terus tiba-tiba kita kepikiran nyoba kuliner pinggir jalan khas Jogja, pecel mie Beringharjo. Mungkin ada yang tau atau ada yang pernah liat liputannya Benu Buloe sama Chika. Nah, kita nyoba itu di pinggiran Pasar Beringharjo. Biar ga malu-maluin, udah tahunan tinggal di Jogja, masa belum pernah nyoba pecel Beringharjo. Nah, isi pecelnya macem-macem, ada bayam, kacang panjang, daun kemangi, kol, tauge, bunga kecipir, dan mie. Kalau mau, ada tambahan lauk lain kayak tempe-tahu bacem, gorengan, dll. Kuliner murah meriah tapi bikin kenyang, harganya cuma 5000 per porsi.

lapak pecel Beringharjo (gambarnya pinjem)
ini yang namanya Pecel Beringharjo (gambarnya pinjem)

 
Mirota Batik
Di Jogja ada tuh yang namanya keluarga besar Mirota. Mereka punya department store, supermarket, toko kue, restoran, toko oleh-oleh, dll. Mumpung ada di daerah Malioboro, habis dari Pasar Beringharjo kita mampir ke Mirota Batik yang ada pas di seberangnya.Mirota yang ini menjual berbagai barang kerajinan yang biasa dibeli buat oleh-oleh. Aku sama temen-temen lumayan sering ke sini buat liat barang-barang aneh. Muter-muter di Mirota Batik kita dapet lulur tradisional, masker muka, wajan kecil (loh?!), sama tas anyaman. Wajan kecil itu sebenernya dijual di bagian batik tulis, ada cantingnya juga, mungkin buat yang mau belajar membatik. Tapi wajan itu kita beli buat bikin telor ceplok, akakakakak...

salah satu barang jualan Mirota Batik (gambarnya pinjem sini)
Mirota Batik tampak luar (gambarnya pinjem sini)

masker dan lulur tradisional murah meriah
tas memetik stroberiku yang baru ^^

Kios Bunga Kota Baru
Capek keliling Mirota Batik dan berhubung udah sore kita putusin buat pulang. Pulangnya ngambil rute daerah Kota Baru lewat deretan kios bunga. Waktu lewat deretan kios bunga si Creysta tiba-tiba bilang,

Creysta   : Mba Poey, kita beli bunga yuk...buat diri sendiri.
Aku        : Heh? Masa gitu?
Creysta   : La ga ada yang kasih, ya udah beli sendiri aja.
Aku        : Ehmmm...boleh deh, hayuk...

Kalian boleh bilang kita kasian, melas, nelangsa, atau apa lah tapi kita seneng punya bunga biar pun bunganya beli sendiri. Abis beli bunga dengan muka sumringah ada yang nyeletuk,

Creysta   : Aku belum pernah dapet bunga. Waktu itu Valentine pas ada pacar aku dikasih cokelat, padahal kan aku maunya bunga...

Iya Dek Creysta...besok kalau valentine's day semoga dapet bunga. Kalau pas itu kamu lagi ga ada pacar, kita deh yang beliin.

ini bunga yang aku beli...warnanya ungu ^^
sekarang namanya tas memetik bunga ^^


Day 2:
Djemari
Hari kedua aku, Ona, sama Dek Christine janjian pijit. Kita milih buat pijit di Djemari. Aku yang rekomendasiin Djemari. Dari semua tempat pijit yang pernah aku coba, cuma Djemari yang ga bikin badanku sakit (njarem) setelah dipijit. Tempatnya juga enak. Biarpun untuk umum tapi terapisnya dibedain, ada terapis cewek, ada terapis cowok. Pilihan pijit di Djemari ga banyak, cuma ada refleksiologi sama pijit sehat, yang intinya tu sama aja. Bedanya cuma di bagian urut punggung, refleksiologi ga pakai urut punggung. Harga refleksiologi 45.000, kalau pijit sehat 65.000. Oya, ada satu perawatan lagi, terapi V. Itu buat cewek, ga tau deh kayak gimana, belum coba. Kebetulan waktu pijit kemarin aku seruangan sama Ona. Kebanyakan ruangannya itu personal tapi karena dateng bareng kita dikasih ruangan yang buat berdua. Alhasil niatanku buat bobo sambil dipijit batal. Yang ada curhat dan ngegosip sambil dipijit.

Kost 4R
Kalau yang ini bukan tempat wisata atau apa, ini kostku. Abis pijitan terus balik ke nyampe kost aku, Lusi, sama Creysta nyobain lulur sama masker yang kita beli kemarin di Mirota Batik. Sore-sore gitu kita luluran terus aku maskeran. Setelah itu mandi. Badannya jadi enak banget dah. Sayang Ona ga bisa mampir karena ada panggilan dari pacar.

korban pake masker. kucirannya itu low...akakaka...


Taman Sari Food Court
Hari itu kita tutup dengan makan malam di Taman Sari Food Court yang ada di lantai paling atas Ambarukmo Plaza. Berhubung niatannya cuma makan, kita ga pake jalan-jalan, langsung ke Taman Sari. Kita cuma berempat. Empat cewek cantik tanpa lelaki. Sialnya hari itu Taman Sari penuh pasangan cinta-cintaan. Mataku sepet ngeliat orang pacaran seliweran. Bikin sirik, akakakak...

Poey: ga punya lelaki
Curzky a.k.a Clara: lelakinya entah di mana
Ona: lelakinya lagi pergi maen sama temen-temen
Liris: lelakinya merantau nyari duit buat nikah


Day 3:
Ini hari nge-mall, jadi seharian itu aku masuk ke semua mall yang ada di Jogja.

Ambarukmo Plaza
Ke Amplaz lagi! Kali ini buat muter-muter. Tujuan utamanya sih nengok sepatu yang aku incer dari tiga bulan yang lalu. Niatnya mau beli. Tapi apa yang terjadi sodara-sodara? Ukuranku sudah laku. Tinggal satu, itu pun display jadi barangnya udah ga bagus. Sedih. Terus aku ke inceran keduaku. Sepatunya masih berdiri dengan manis tapi waktu aku minta diambilin ukuranku, mbaknya bilang tinggal ukuran 40. Tambah sedih. Lagi ga jodoh beli sepatu kayaknya. Aku ga nyerah. Aku nemu inceran baru, wedges gitu, tapi sayang harganya lebih mahal seratus ribu. Hiksss...uangnya ga cukup. Bertapa dulu, semoga duit yang sekarang ga kepake buat yang lain, semoga waktu duitnya siap sepatunya masih ada, semoga nanti ukuranku belum laku. Amin.

Malioboro Mall
Balik lagi ke daerah Malioboro sama temen kampus, Syane dan Boim alias Ima buat beli sesuatu buat temen kita. Kita cuma bertiga jadi kemarin itu aku naik motor sendiri terus kepisah sama mereka. Aku parkir di depan Malioboro Mall. Dengan pedenya masuk, pikirku mau tunggu mereka di dalem. Ternyata mereka parkir di deket Ramai. Alhasil celingak-celinguk bentar di Malioboro Mall terus nyusul mereka ke deket Ramai.

Gallery Mall
Kita ga nemu barang yang kita cari di Malioboro akhirnya aku sama Syane mutusin ke Gallery Mall. Kata Boim dia pernah liat di sana. Boim ga ikut ke Galle karena ada acara. Langsung deh kita ke Galle. Sampe sana muter-muter bentar. Hasil muter-muter aku nemu dompet yang mau kubeli kalau ada duit buat gantiin dompetku yang udah buluk banget. Setelah itu kita ke toko yang diceritain Boim. Barangnya ada! Bungkus...daripada diambil orang. Barangnya udah dapet terus pulang deh. Sempet ngeliat barang cowok bagus terus inget ga ada yang bisa dibeliin jadi sedih deh, hiksss...

Kost 4R (lagi!)
Setelah capek kesana kemari, masuk kamar kok rasanya males banget. Itu gara-gara kamarku berantakan. Akhir-akhir ini aku emang males beresin kamar. Apalagi setelah tragedi hari-hari kamarku penuh tissue. Aku biarin kamarku kayak kapal pecah. Tapi berhubung abis pijit, beli tas, beli bunga, nge-mall, kayaknya kurang afdol kalau ga nyaman di kamar sendiri. Jadi aku beresin kamar kostku. Kamarku kecil, cuma ukuran 3x3m. Menurutku agak kebanyakan barang. Warnanya dominan ungu. Sayang boneka-bonekaku lagi ngungsi, kalau engga siapapun yang masuk kamarku pasti bilang kamarku itu Piglet Room. I love Piglet!!

pojok ngelaptop

tempat bubu


Day 4: 
Rujak Es Krim Pak Nardi, Pakualaman
Akhir-akhir ini Jogja panasnya amit-amit deh, bikin mata perih. Ada satu temen kost yang ngidam pengen makan rujak es krim di Pakualaman. Ya owoh...siang-siang, panas, eh ngajak ke Pakualaman. Tapi tetep jalan dong. Di Pakualaman banyak yang jual rujak es krim kita pilih makan di tempat Pak Nardi, atas rekomendasi Ika. Rujaknya sih biasa aja. Es krimnya yang enak. Beda sama es krim jenis ini di tempat lain. Kapan-kapan kalau ada yang main ke Jogja, mampir deh di rujak es krim Pak Nardi, di Pakualaman.


Day 5:
Garden of Prayer
Garden of Prayer itu taman yang ada di dalem GKI (Gereja Kristen Indonesia) Gejayan. Taman ini dibuat untuk orang-orang, jemaat atau siapa pun yang butuh tempat tenang buat berdoa. Berdoa lo ya bukan pacaran. Jangan coba pacaran di sini kalau ga mau dilirik sinis atau bahkan diusir. Suasananya enak banget. Kita bisa ke sini jam berapa aja, yang penting gerbang gereja belum ditutup. Kapan-kapan deh aku ceritain soal Garden of Prayer. Aku sih bukan orang yang terlalu religius apalagi suka gembar-gembor soal agama tapi aku masih percaya Tuhanku dan masih berdoa, akakakakk... Waktu masa galau kemarin aku rajin ke sini. Buat nenangin diri sekalian ngadu sama Tuhan. Pernah tuh aku nangis sesegukan (padahal bukan lagi doa, cuma pengen nangis aja) sampe yang ada di taman  pada noleh, tapi bodo ah, ga kenal juga... Kemarin kita ke sini dalam rangka ada yang galau tapi bukan aku.

mau isi buku kunjungan dulu, boleh....ga juga ga apa-apa
suasana malam Garden of Prayer
numpang gaya dulu (ki-ka: Liris, Creysta, Poey (me!), Christin

Day 6:
House of Raminten
Ini masih satu keluarga sama Mirota, yang punya sama. Ini tempat buat makan. Makanan yang disediain kesannya tradisional, khas Jogja banget. Tempatnya juga unik. Konsep lesehan, pelayanannya pakai kain jarik, terus banyak hiasan-hiasan aneh. Oya, di deket toilet ada kuda dan di jalan mau ke toilet ada bath tub terbuka. Buat apa coba? Ceritanya aku kemarin sibuk ngurus ini-itu terus haus jadinya mampir ke sini deh.

ada kereta di depan House of Raminten
menu di sini aneh-aneh nama dan penyajiannya
masnya dateng bawa pesanan kita
kita makan nasi kucing, es teh, sama kepala muda yang segede gaban

Segitu aja deh ceritanya. Kalau ada yang penasaran sama tempat-tempat di atas, main ke Jogja aja. Hubungi aku, nanti kita puter-puter Jogja, uhuy...

13 comments:

Andy said...

Aku mau jogja untuk meneruskan sekolah karena jogja punya daya tarik yang membuat w memilih jogja dengan segala budaya jawa yang tenang,
Jogja tuh tanpa gudeg kaya bukan jogja ya,hehehe
Mampir balik ya

Poey said...

@ andy
jogja itu emang kota pelajar,secara byk kampus.
jogja bisa jadi kota yang tenang,
bisa jadi kota yang rame,tergantung pilihanmu :)

uchank said...

diajakin study tour ke jogja sama senior nih.
buka cm jogja sih.beberapa kota lagi di jawa sekalian bali..
tapi masih mikir2...

pas liat seru2an diatas..kayaknya...
hmmmm mikir2 lagi ah.hahaha

si gadis berponi said...

beruntung banget ya yang bisa stay di jogja... kayaknya enak banget gitu. apa2 murah dan serba menyenangkan. pindah ke sana ah.... *langsung ngisi koper* *setopin odong2 buat nganter ke jogja*

Poey said...

@ uchank
yg ptg tu tau hrs maen kmn.
tp biasanya study tour terbatas kan ya?
ikut aja,kan lumayan jalan2...

@ poni
kalo ke jgj naek odong2,kapan kira2 sampe?
mo kujemput dmn?akakakak...

Squarepants said...

ciyeeeh asik banget nih keliling2 jogja :D aku jadi pengen kak cantik :D menarik yah gokil abis (eh?)

Poey said...

@ squarepants
asyik gelak...akakakak...

Gloria Putri said...

garden of prayer kayaknya tempatnya bagus :)
di semarang juga ada tuh tempat doa gt, tp br tau klo di jogja juga ada, jd pengen kesana

btw, aq pengen skali2 libur saat org lain pd ga libur, lali menikmati hari2 sendiri...nenangin diri gt
tp kapan yaaaa? hiksss

Asop said...

Wuuiiih itu serba ungu... :D

Poey said...

@ glo
bagus kok glo...
tempatnya tenang banget.
apalagi kalo malem.
sini lah...liburan ke jogja,ajip bgt dah nanti...

@ asop
akakakakak...maklum pecinta ungu yg agak lebay :)

Saraswati Kirana Putri said...

aku anak baru di jogja belum tau apa apa :(
mbak poey kuliah di mana sih? :)

Poey said...

@ saraswati kirana putri
aku kul di atma say.gpp,nti kan lama2 tau mana2.
sering jalan2 aja,biar cepet hafal jalan.
yg ptg ati2, di jgj belok kiri ga sll jalan terus,akakak...

Anonymous said...

[url=http://www.absorblearning.com/chemistry/article.php]sexy party dresses[/url]
The New Balance Scrub line was started for any simple reason: they desired to incorporate recent advances in performance apparel technology into the healthcare work place. This mission is demonstrated through the variety of features you could expect from athletic clothes but are found on the New Balance Scrub collection; such as Lightning Dry technology. This really is no accident.
Now you know where you can look for a website name, let's take a glance at how you can do it effectively and successfully. 2. This is actually the number 1 mistake I encounter when confronted with naming disasters.
a phone call center is actually a centralized office by which large numbers of telephone inquiries can be addressed


[url=http://www.absorblearning.com/chemistry/article.php]sexy dress[/url]
The Kisma Preserve in in order to Bar Harbor and offers among the best chances to look at some of the world's most breathtaking creatures, up-close-and-personal. Featuring bears, wolves, large cats, reptiles, big and small ruminants, owls and other birds of prey, moose, deer, buffalo, primates and tons of little creatures too, the Kisma preserve focuses on the animals; NOT the rides, treats and other attractions like the majority of zoos and animal preserves do. Kisma is open every single day from 9:30 until dusk..
are pleated pants still in style

[url=http://www.chaussuresjordannike.fr/]nike jordan spiz'ike[/url]
[url=http://pinterest.com/tidehats/]snapback hats[/url]
[url=http://www.absorblearning.com/chemistry/article.php]sexy party dresses[/url]