September 15, 2011

Ngeri Sama Human Papilloma Virus

Innalillahi wainnailaihi rojiun... hari ini tantenya temenku ada yang meninggal karena kena kanker serviks. Aku jadi ikut sedih. Kebetulan aku kenal tantenya itu dan ngeri bayangin gimana keadaan dia dari cerita temenku. Menjelang akhir hidupnya dia dirawat di Rumah Sakit Sarjito Yogyakarta tapi sayang banget aku ga sempet nengok, dia udah pergi duluan.

Kalo inget tantenya itu jadi ngeri sama yang namanya kanker serviks. Kanker serviks termasuk penyebab kematian terbesar pada perempuan dan Indonesia termasuk wilayah dengan jumlah korban yang tinggi. Makanya harus waspada sama penyakit yang disebabin sama human papilloma virus (HPV) ini. Biar katanya lebih mudah nyerang orang yang aktif secara seksual tapi bukan berarti yang ga aktif bisa tenang-tenang aja.

Aku share dikit ya tentang  HPV dan kanker serviks. Aku ga begitu banyak tau. Tapi aku sempet dapet penjelasan singkat dari dokter kandunganku (jangan tanya ngapain aku ke dokter kandungan., ceritanya panjang).

Apa sih kanker serviks? Kanker serviks itu penyakit yang nyerang organ reproduksi perempuan. Tepatnya di leher rahim, daerah antara uterus atau rahim dan Miss V. Awalnya emang muncul di leher rahim tapi kalau udah parah bisa merembet ke mana-mana.

Penyebab kanker serviks? Kanker serviks itu disebabin sama yang namanya Human Papilloma Virus (HPV). HPV sendiri ada banyak jenis. Ga semua berbahaya soalnya bisa sembuh sendiri kaya flu gitu, muncul terus nanti sembuh. Tapi ada yang jenis jahat yang nantinya bikin kanker serviks. Selain HPV, keabnormalan (kanker) juga bisa muncul gara-gara bahan kimia, mungkin semacam pola hidup ga sehat atau sejenisnya.

Kok bisa kena HPV? Cara penyebaran yang paling utama sih lewat hubungan seks. Hubungan seks jenis apa pun bisa nyebarin virus ini, yang langsung, oral, atau apa lah. Soalnya virus ini bisa pindah lewat sentuhan kulit. Kalau kita ke toilet umum yang pake kloset duduk dan orang sebelumnya punya HPV kita bisa kena kok. Tapi lebih besar emang lewat hubungan seks. Makanya jaga kebersihan, terutama buat yang cowok, jangan suka jajan. Kata dokterku, HPV itu diduga terkandung dalam sperma. Lah para cowok bisa aja kena kalau suka celap-celup sembarangan. Pakai kondom juga ga ngefek, namanya virus, dia bisa jalan ke mana aja.

Apa tanda-tanda kena kanker serviks? Sayangnya tanda-tanda yang bisa dicurigai muncul kalau udah mulai parah kankernya. Awal tu kadang malah tanpa gejala berarti. Kaya tante temenku, ketauannya setelah stadium akhir. Nanti bakal muncul tanda kaya pendarahan di luar siklus menstruasi, keputihan berlebihan (selain menjelang menstruasi), terus kalau ML berdarah. Tapi waktu tanda-tanda itu muncul biasanya penyakitnya udah agak parah. Lagian kalau pun tanda-tanda itu muncul belum tentu itu kanker serviks, kan penyakit ada banyak. Jadi biar pasti paling bagus emang periksa ke dokter (test HPV).

Gimana caranya biar ga kena kanker serviks? Kata dokterku buat pencegahan ada bagusnya vaksin HPV.  Disaranin banget buat yang belum aktif seksual. Vaksinnya agak mahal sih. Kata pak dokter sekali suntik 600.000. Ada tiga tahap, suntikan pertama terus sebulan kemudian suntikan kedua terus selang dua bulan baru suntikan terakhir. Jadi siapin sekitar 2 jutaan. Sayang kebanyakan cewek masih terlalu berat buat ngeluarin uang segitu buat kesehatan padahal vaksinnya itu lumayan efektif.

Kalau kena kanker serviks gimana? Ya ke dokter dong pastinya.Aku lupa, kalau baru tahap awal mungkin bisa sembuh lewat terapi. Yang pasti setauku kalau kena kanker serviks nanti disuruh angkat rahim. Itu masih harus dilanjutin kemoterapi dan sebagainya. Dan itu GA JAMINAN bisa bener-bener bersih-sih.

Lalu? Berhubung kanker serviks ngeri banget mending pilih main aman aja. Kata orang no sex before married. Tapi kalau mau test drive, main aman aja lah. Maksudnya, jaga diri sebersih mungkin. Jangan main sembarangan. Kitanya jangan, minta pasangan juga jangan. Kalau ke toilet umum yang pake toilet duduk, sok higienis juga boleh. Cincin kloset dibersihin dulu. Oya, kalau udah aktif secara seksual, kalau bisa pap smear lah. Jangan malu ke dokter kandungan. Aku aja ga malu jadi tontonan ibu-ibu bunting. Yang penting aku ke dokter bukan karena bunting, akakakakak...Dan buat jeng-jeng, kalau punya duit vaksin lah...brani modal biar ga berabe besok-besoknya.

Gitu lah pokoknya tentang HPV yang bikin kanker serviks. Aku inget-inget dari penjelasan dokterku. Kalau ada yang salah tulis atau gimana dikoreksi ya biar ga salah kaprah. Yang pasti ayo kita saling jaga. Jangan mau kena dari orang lain, jangan juga jadi penyebar virus. 

gambar dari sini

15 comments:

Feby Oktarista Andriawan said...

Wuidih serem banget dah, baru tau gue detailnya sekarang ttg tuh kanker.. :)

Dhani said...

detail sekali hmm.. nice share thanks.

Dokter Gigi Gaul said...

kalau bisa sekalian rutin pap's smear tiap 6 bulan sekali..

uchank said...

ngeri amat -_-

naudzubillahminzalik emang kalo free sex.
jangan sampai deh.
udah dosa besar,eh dapat penyakit pula.

Poey said...

@ feby
iya, serem banget, ce-co semua kudu ati-ati...

@ dhani
sama2...biar pd tau semua :)

@ om dokter gaul
pengennya sih dok, tapi malu...akakakak...

@ uchank
mnrtku g ada yg bnr2 aman sih...
mang hrs rutin kontrol pastinya

Reza Pahlevi Lampoh said...

Begini toh yang namanya kanker serviks. Ilmu! Aku harus beritahu pacarku hahaha :)

Asop said...

Nah, sebagai wanita harus pintar merawat dan jaga diri ya. :)

Poey said...

@ asop
bener banget...

Misz Patricia said...

iih takut kak
aku juga pengen disuntik tapi belom dibolehin mamaku, katanya gara2 masih gadis coba -__-

Poey said...

lo dokter malah saranin vaksin buat yg msh gadis lo...

Gloria Putri said...

ikut imunisasinya aja yuk poey :)
nabung dl tp :( mahal bgt sihhh

Poey said...

@ glo
iya nih,rencana mau vaksin,tp nabung dl,hehehe...
mamaku malah nyuruh rutin pap smear,akakaka...

Misz Patricia said...

btw, harga vaksin berapaan kak ?

Gloria Putri said...

eeee....pap smear kan buat org yg sudah menikah/yg sudah berhubungan badan...wwkwkwkkw
klo belom sih ya mending vaksin aja poey :)) hehehhe

Poey said...

@ patricia
kl kata dokterku 600rban,tp ada yg blg 700rb.

@ glo
kata dokterku nih ya glo...
kalo mo vaksin hrs pap smear dl.
hrs dipastiin bersih dr virus sblm vaksin.
kl kita udh ada bibit HPV,dokter ga akan vaksin.
soalnya biar blm nikah,kita bisa aja bawa HPV.