August 19, 2011

Serviam...Serviam...Tetap Teguh Serviam!!

 "Kami adalah kusuma bangsa
Segar bugar pun muda belia
Bersatu padu serentak maju
Ke arah luhur kami menuju
Kami sadari panggilan Tuhan
Hidup suci menjadi teladan
Kristus pribadi yang menyinari
Maria bunda pembimbing kami
Majulah peganglah semboyan
Serviam..serviam...tetap teguh serviam...!!"

Itu tadi mars sekolahku, judulnya Serviam. Serviam itu artinya saya mengabdi, diambil dari Bahasa Latin. Sekolahku itu dulu sekolah Belanda jadi gitu deh. Awalnya khusus putri, kaya Stela Duce di Jogja, tapi sekarang jadi heterogen. Lagu itu selalu kita nyanyiin dengan bangga di segala momen. Tanding basket, ga peduli kalah atau menang, tangan kanan kami selalu disilang di dada dan dengan lantang nyanyi Serviam. Aku dulu sekolah di SMA Katolik Regina Pacis Surakarta, biasa disebut Ursulin (diambil dari nama ordo sekolah, Santa Ursula). Sekolah swasta beken gitu deh ceritanya, hahahaha!! Sekolahku serba ijo. Mulai dari seragam, cat tembok, cat pagar, ornamen-ornamen, ijo semua. Makanya banyak yang nyebut sekolahku Kampus Ijo.

Emang bener kata orang, masa SMA itu masa yang ga terlupakan. Jaman kita bandel-bandelnya, masih tengil, berasa udah gede padahal masih bau kencur, dan gayanya belagu abis, hahahaha... maaf lo ya, ga maksud nyinggung yang masih SMA. Jalan-jalan ke sekolah bikin kangen pake seragam putih ijo, seragam SMA-ku dulu.

Temenku, Ona, lagi nyiapin berkas buat pendadaran (jadi sedih, hiks...) jadi hari ini kita ke Ursulin buat minta legalisir ijasah. Waaaa...udah empat tahun aku lulus dari Ursulin, sekarang bentukannya makin wow aja. Ini ada oleh-oleh foto dari Ursulin.

tampilan depan Ursulin setelah masuk gerbang sekolah


kantinnya sekarang kaya food court. bagian dalem masih sama.
jadi inget, dulu sering piket bersihin kantin gara-gara telat,hahaha... 

Ini namanya Taman Bougenville, tempat nongkrong,
ngerjain tugas, belajar kelompok, dan tepe-tepe.
sekarang lantainya dikeramik gitu, dulu itu pavingan,
bisa dilewatin motor



meja sama kursinya dulu dari batu, sekarang dari besi. feel-nya ilang...

ada cctv-nya coba...canggih beut lah, hahaha!!!
coba dulu ada, kan bisa nampang.


Bangunan Ursulin bentuknya O. Ini taman yang ada di area dalem.
Makin rimbun pohonnya, kelasnya jadi ketutupan, udah ga bisa tepe-tepe dari depan kelas lagi dong.


Lama-lama Ursulin kaya museum. Masa mereka 
punya lemari isinya barang-barang aneh.
Ini Ona, dia foto di depan lemari yang isinya
proyektor dari masa ke masa. Masih ada lemari lainnya.


Deretan piala Ursulin tambah banyak, sayang ga sempet foto.
Namanya juga SMA, basket jadi idola. Yang bikin surprise,
dulu basket putri Ursulin melempem, sekarang oke punya.


gaye, anak basket kok ga berani item, lapangan dikasih atap segala


Bapak yang ini namanya Pak Antonius.
Dia masih inget namaku padahal sejak lulus
aku ga pernah maen ke sekolah. Orangnya
baik tapi dulu tiap kali telat tetep ditangkep dia.

Sekolahku...udah beda banget dari jaman aku SMA. Ngeliat Ursulin yang sekarang bikin bertanya-tanya dalam hati, uang sekolahnya berapa ya sekarang? Tahun 2005-2007 ada yang sampe tembus setengah jeti. Sekarang??? Ga berani nebak. Besok kalau punya anak harus rajin cari duit. Sekolah mahal kawan! Yah, yang penting ada harga ada mutu lah. Boleh aja Ursulin terkenal mahal, yang penting ke mana pun alumninya pergi ga mati gaya, hahaha... Engga ding, Ursulin kan emang bagus, terkenal disiplin dan punya standart lulusan yang tinggi. Bertahan dari tahun ke tahun di Ursulin susah. Nilai ga bagus langsung ancaman ga naik kelas. Kata susternya dari pada ga lulus, mending ga naek kelas. Baiklah suster...jadi kangen Suster Flo, kepala sekolah waktu itu.




6 comments:

Tia Kuwi Jenengku said...

edan euy!! sekolah apa sekolah? masa uang sekolah tahun segitu sampe 500rb...

Poey said...

sistemnya subsidi.ga semua mahal.yg kaya bayar lebih mahal,buat ngeringanin yg ga bisa bayar banyak.gituuu...

Feby Oktarista Andriawan said...

Memang pendidikan tambah mahal, ngiris liat anak2 kerjaannya di jalan karena gak mampu bayar sekolah,.

Poey said...

@ feby
iya...mana makin ke sini sklh isinya cuma ngurusin duit dan duit.

Anonymous said...

aku juga di Ursulin. menyenangkan :)

Anonymous said...

Aku juga di ursulin, yah meski abisin duit tapi sekolah di ursulin menyenangkan !